Bila Suatu Hari Nanti Kita Bertemu

Bila suatu hari nanti kita bertemu, akan kutunjukkan padamu betapa luas samudera itu. Dia mendiami hampir seluruh bagian hatiku. Memandangmu sebagai masa lalu yang paling indah, menghapus semua cela yang tersisa.

Bila suatu hari nanti kita bertemu, akan kubuka kotak Pandora yang pernah kau minta. Tempat segala ingin dan harap yang dulu kita untai dalam kata dan do’a, yang sempat terlukis di langit-langit dan terselip di balik awan, hingga akhirnya menghilang tertiup angin.

Bila suatu hari nanti kita bertemu, akan kuajak kau berkeliling kota, melewati jalan-jalan yang dulu selalu kita lewati. Setidaknya agar kau tahu, bahwa pohon cemara di sudut taman itu sudah tak ada lagi, atau burung merpati di rumah pohon belakang rumah sudah menghilang entah kemana, atau Kang Dani penjual gorengan kini sudah menikah dengan Santi penjual rujak dan punya dua anak yang lucu.

Dan bila suatu hari nanti kita bertemu, akan kusampaikan beribu terima kasih yang belum sempat kuucapkan padamu. Terima kasih karena sudah mengajariku melihat dunia dengan mata terbuka, mengajariku berjalan dengan kakiku sendiri, mengajariku menangis dan tertawa, mengajariku bahwa tak semua kesalahan itu salah dan kebenaran itu benar. Terima kasih karena telah menyirami halamanku dengan cinta dan kasih, hingga tamanku tumbuh subur. Terima kasih karena telah mengajariku bagaimana mencintai dan bagaimana dicintai. Terima kasih juga karena telah membuatku mengerti bagaimana seharusnya menerima dan memberi, bagaimana caranya memaafkan dan melepaskan. Terima kasih pula karena telah mengenalkanku pada rasa sakit dan bahagia tak terhingga. Dan, terima kasih, karena telah menjaga dan merawat nisan bertuliskan namaku, di hatimu.

One thought on “Bila Suatu Hari Nanti Kita Bertemu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s